7 Waktu Terbaik Minum Air Kelapa, Banyak yang Tak Tahu - Bisnis com

 

7 Waktu Terbaik Minum Air Kelapa, Banyak yang Tak Tahu

Linda Sari Hasibuan, CNBC Indonesia
27 September 2024 13:40
In this photo taken Tuesday, June 9, 2015, Lillian Nguyen, of New York, sips coconut water at a fruit store in the Little Havana area of Miami. (AP Photo/Alan Diaz)
Foto: Ilustrasi seseorang meminum air kelapa. (AP/Alan Diaz)

Jakarta, CNBC Indonesia - Air kelapa memiliki banyak manfaat karena mengandung banyak vitamin dan mineral penting. Di antaranya, membantu mendukung fungsi otot dan saraf serta menyeimbangkan cairan tubuh.

Air kelapa sangat cocok untuk mengisi kembali cairan setelah diare atau muntah, karena mengandung elektrolit yang tinggi. Air kelapa juga merupakan minuman yang baik untuk menghidrasi kembali dan menyehatkan otot setelah berolahraga. Berikut manfaat utama air kelapa melansir Very Well.

1. Elektrolit
Air kelapa mengandung banyak elektrolit alami, seperti natrium, magnesium, kalsium, dan kalium. Elektrolit adalah mineral yang penting untuk menyeimbangkan jumlah air dalam tubuh, memindahkan limbah ke dalam dan keluar sel, mendukung fungsi otot dan saraf, serta menstabilkan tekanan darah.

Terkadang, berolahraga atau kehilangan banyak cairan dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit, itulah sebabnya minuman olahraga yang mengandung elektrolit sangat tepat. Ketidakseimbangan elektrolit dapat terjadi ketika jumlah air dalam tubuh Anda berubah drastis, seperti setelah muntah atau diare.

Air kelapa lebih rendah gula daripada kebanyakan minuman olahraga lainnya yang dapat membantu meningkatkan fungsi otot. Penelitian menemukan air kelapa lebih bermanfaat daripada air biasa untuk rehidrasi setelah berolahraga karena jumlah elektrolitnya yang tinggi.

2. Turunkan tekanan darah
Selain elektrolit, air kelapa memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya, termasuk menurunkan tekanan darah. Satu cangkir air kelapa mengandung 400 miligram (mg) kalium.

Pola makan yang kaya kalium terbukti dapat menurunkan tekanan darah dan mendukung kesehatan jantung.

3. Melindungi dari radikal bebas
Antioksidan dalam air kelapa terbukti membantu melawan kerusakan sel dalam tubuh.

4. Mencegah batu ginjal
Air kelapa dapat membantu mencegah batu ginjal dengan membuang kelebihan mineral pembentuk kristal dari dalam tubuh.

5. Menjaga tulang dan gigi agar kuat
Kombinasi fosfat dan kalsium dalam air kelapa bekerja sama untuk membantu membangun tulang dan gigi yang kuat.

6. Menstabilkan gula darah
Magnesium dalam air kelapa dapat membantu mengendalikan glukosa darah (gula).

Nutrisi pada air kelapa
Air kelapa telah disebut-sebut sebagai minuman olahraga alami karena kadar vitamin C dan kaliumnya yang tinggi. Air kelapa juga rendah kalori dan lemak. Satu cangkir air kelapa 100% mengandung:
- Kalori: 44
- Lemak: 0 gram (g)
- Sodium: 64 miligram (mg)
- Karbohidrat: 10,4 g
- Serat: 0 g
- Gula: 9,6 g
- Protein: 0,5 g
- Vitamin C: 24,3 mg
- Kalium: 404 mg

Kapan air kelapa bisa bermanfaat
Karena air kelapa sangat menghidrasi dan meremajakan, pertimbangkan untuk meminumnya dalam situasi berikut:
- Setelah berolahraga
- Pada hari yang panas
- Setelah berada di sauna atau ruang uap
- Selama persiapan usus untuk kolonoskopi
- Jika Anda mengalami diare kronis
- Setelah terkena virus perut
- Untuk mengisi kembali cairan jika mengalami dehidrasi medis

Apakah boleh diminum setiap hari?
Apakah minum air kelapa sehat untuk diminum setiap hari tergantung pada kesehatan dan gaya hidup Anda. Pertimbangkan tingkat aktivitas Anda, iklim tempat tinggal Anda, dan asupan cairan Anda dari sumber lain. Semuanya tergantung pada kesehatan dan gaya hidup Anda.

Penelitian juga menunjukkan bahwa wanita yang meningkatkan asupan magnesium selama fase luteal menstruasi (dua minggu menjelang menstruasi) mengalami penurunan gejala.

Seseorang yang tidak boleh minum air kelapa
Temui penyedia layanan kesehatan sebelum minum air kelapa jika Anda mengalami gagal ginjal, penyakit ginjal kronis, atau mengonsumsi obat-obatan seperti penghambat enzim pengubah angiotensin (ACE). Air kelapa mengandung banyak kalium, dan ketika ginjal tidak dapat membuang kelebihan mineral dari tubuh dengan benar, kondisi yang mengancam jiwa yang disebut hiperkalemia (terlalu banyak kalium dalam darah) dapat terjadi.

Jika Anda memiliki sindrom iritasi usus besar (IBS) atau sedang menjalani diet rendah FODMAP (oligo-, di-, dan monosakarida, serta poliol yang dapat difermentasi), batasi atau hindari air kelapa karena mengandung karbohidrat tertentu yang dapat memperburuk gejala pencernaan.

Kelapa bukanlah kacang, jadi orang yang alergi kacang tetap dapat mengonsumsi kelapa dengan aman, tetapi ada beberapa kasus alergi kelapa yang jarang terjadi.

Pilih air kelapa berkualitas
Berikut ini yang perlu Anda ketahui:
- Selalu cari air kelapa 100% (tidak terbuat dari konsentrat). Hindari produk yang diberi label "sari kelapa", karena ini sering kali merupakan air kelapa yang dicampur dengan bahan lain, seperti sari buah atau perasa. Untuk memastikannya, periksa label bahan dan pastikan tidak ada tambahan gula atau bahan lain.

- Air kelapa berwarna merah muda disebabkan oleh oksidasi alami gulanya. Warnanya juga menunjukkan bahwa air tersebut tidak dipasteurisasi pada suhu tinggi, yang dapat mengurangi kandungan vitamin dan mineral alami. Air kelapa yang didinginkan memiliki rasa yang lebih kaya dan sedikit lebih mahal.

- Air kelapa yang tidak didinginkan di toko dianggap stabil di rak. Ini berarti air tersebut telah dipasteurisasi (dipanaskan pada suhu tinggi) untuk menjaga kesegarannya. Harganya juga lebih terjangkau daripada air kelapa yang didinginkan.


(miq/miq)

Baca Juga

Komentar

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Opsitek