8 Minuman yang Harus Dihindari Penderita Diabetes - BeritaSatu

 

8 Minuman yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Kamis, 18 April 2024 | 15:31 WIB
Siti Nuraisah / TCE

Ilustrasi minuman yang harus dihindari penderita diabetes. (Freepik)

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menetapkan 18 April sebagai Hari Diabetes Nasional. Hal ini guna menyadarkan masyarakat pentingnya menjaga kesehatan agar terhindar dari diabetes.

Sebab penyakit ini terjadi ketika kadar gula tinggi pada tubuh, tetapi tidak dapat dipergunakan secara maksimal. Tercatat pada 2022, Indonesia mencapai 41.800 yang mengidap penyakit diabetes ini.

Oleh karena itu, Anda harus mengurangi konsumsi minuman yang mengandung gula tinggi. Berikut ini delapan minuman yang harus dihindari penderita diabetes.

1. Teh manis
Teh manis merupakan salah satu minuman utama yang harus dihindari oleh penderita diabetes karena banyaknya jumlah gula yang terkandung. Karena teh manis dapat dibuat di rumah, menentukan jumlah gulanya mungkin sulit. Pastikan minuman teh Anda benar-benar bebas gula dan pemanis buatan.

2. Minuman beralkohol
Alkohol dapat menyebabkan kerusakan karena efek hipoglikemiknya dan juga kandungan kalorinya yang tinggi. Alkohol dalam jumlah kecil dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat yang berbahaya terutama bagi penderita diabetes.

3. Minuman soda
Sekaleng soda manis mengandung sekitar 150 kalori, hampir semuanya berasal dari tambahan gula. Oleh karena itu, penderita diabetes tipe 2 disarankan untuk menghindari minum soda untuk mencegah peningkatan kadar gula darah.

4. Jus buah
Jus buah sering kali mengandung banyak gula, meskipun buah itu sendiri sudah memiliki rasa manis alami. Hal ini bisa membuat gula darah naik secara tiba-tiba. Lebih baik memilih buah utuh karena mengandung serat, yang membantu mengatur kadar gula darah.

5. Chai tea
Meskipun teh chai dari India memiliki rasa yang enak, biasanya banyak mengandung gula yang dicampur saat proses penyeduhan. Bagi penderita diabetes, lebih aman membuat teh sendiri dan menggunakan pemanis alami atau memilih minum teh tanpa tambahan gula.

6. Minuman berenergi
Minuman berenergi sering mengandung banyak gula dan memiliki sedikit nilai gizi. Hal itu bisa berbahaya bagi penderita diabetes tipe 2 karena dapat membuat gula darah tinggi dalam jangka waktu lama. Selain itu, minuman ini bisa membuat berat badan bertambah karena mengandung kalori kosong.

7. Kopi rasa
Kopi rasa yang sudah dikemas biasanya akan dicampur dengan gula. Meskipun praktis, lebih baik membuat kopi dengan berbagai rasa di rumah dan menghindari penambahan gula.

8. Air vitamin
Air vitamin kemasan adalah minuman tinggi gula, mengandung 27 gram gula dan 100 kalori dalam satu botol 20 ons. Meski memiliki kandungan vitamin, tetapi tinggi kadar gula, sebaiknya penderita diabetes menghindari minuman ini.

Simak berita dan artikel lainnya di
Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Bagikan

Komentar

Baca Juga

Terbaru

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek