8 Tips Membersihkan Rumah dengan Cepat Setelah Ditinggal Mudik Lebaran 2024 - BeritaSatu

 

8 Tips Membersihkan Rumah dengan Cepat Setelah Ditinggal Mudik Lebaran 2024

Jakarta, Beritasatu.com – Selama mudik Lebaran 2024, tentunya rumah akan ditinggalkan dalam keadaan kosong. Hal ini dapat menyebabkan rumah menjadi kotor karena tidak dibersihkan selama berhari-hari.

ADVERTISEMENT

Namun, ada tips agar Anda bisa membersihkan rumah secara cepat seperti berikut ini.

1. Buat rencana
Untuk menghemat waktu, mulailah membuat rencana membersihkan rumah. Anda bisa fokus mengerjakan satu ruangan dalam satu waktu, mulai dan selesaikan di tempat yang sama untuk setiap ruangan.

2. Kumpulkan semua perlengkapan kebersihan
Dengan mengumpulkan semua alat kebersihan yang diperlukan dalam satu tempat, akan mempermudah pekerjaan. Tidak hanya itu, hal ini juga akan membuat Anda tidak membuang-buang waktu karena harus mencari terlebih dahulu alat yang diperlukan.

3. Mulai membersihkan dari atas
Mulai membersihkan ruangan dari atas ke bawah untuk menghilangkan risiko pekerjaan yang berlebihan, karena debu akan berjatuhan dari benda yang lebih tinggi ke permukaan yang lebih rendah. Jika memiliki kipas di langit-langit ruangan, pastikan Anda mematikannya sebelum mulai membersihkan rumah.  

4. Bersihkan bulu hewan peliharaan yang menempel 
Jika Anda memiliki hewan peliharaan, tentunya bulu-bulu mereka akan berserakan di sekeliling rumah. Gunakan lint roller pada area yang lembut, seperti sofa, karpet, dan tempat tidur, untuk menghilangkan bulu hewan peliharaan.

Seka juga karpet dengan alat pembersih karet basah sebelum menyedot debu, atau bisa juga mengenakan sarung tangan karet dan mengusapkannya ke permukaan furnitur untuk menghilangkan bulu hewan peliharaan.

5. Gunakan penyedot debu
Selain menggunakan penyedot debu untuk membersihkan karpet, alat ini juga dapat membantu membersihkan tempat-tempat yang sulit dijangkau. Dengan menggunakan penyedot debu, rumah akan semakin bersih dari debu yang menempel.

6. Lap kaca dan perabotan rumah
Gunakan satu kain mikrofiber basah atau kanebo yang disertai dengan satu kain kering. Hal ini berfungsi untuk membersihkan seluruh cermin dan permukaan kaca. Untuk membersihkan perabotan rumah dari debu, Anda dapat menggunakan kemoceng yang dengan bahan bulu.

7. Pel seluruh ruangan
Setelah memastikan semua ruangan dibersihkan, langkah selanjutnya adalah pel setiap sudut lantai rumah. Meskipun debu telah diangkat dan dibersihkan oleh penyedot debu, tetapi belum membuat lantai bersih sepenuhnya. Pel lantai dengan produk pengharum lantai yang bisa membersihkan sekaligus mengharumkan.

8. Bersihkan kamar mandi
Kamar mandi menjadi salah satu area yang harus diperhatikan. Tidak jarang jamur tumbuh di kamar mandi yang tidak memiliki ventilasi, karena air yang terus menempel di dinding. Anda dapat menggunakan hidrogen peroksida dalam botol semprotan untuk melawan jamur dan lumut.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Komentar

Baca Juga

Terbaru

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek