Musum Pancaroba, PB IDI Ingatkan Masyarakat untuk Menjaga Kesehatan - Tribatranews

 

Musum Pancaroba, PB IDI Ingatkan Masyarakat untuk Menjaga Ke

Musum Pancaroba, PB IDI Ingatkan Masyarakat untuk Menjaga Kesehatan

12 April 2024 - 17:15 WIB

Source Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mengingatkan masyarakat luas untuk menjaga kesehatan dengan melakukan sejumlah persiapan dan pencegahan sebelum melakukan perjalanan baik, liburan maupun untuk bisnis atau pekerjaan, di musim pancaroba ini.

“Kewaspadaan dini menjadi bagian penting yang harus selalu dilakukan oleh masyarakat. Perubahan cuaca yang drastis dari panas terik ke hujan atau sebaliknya dapat membahayakan kesehatan kelompok rentan seperti anak-anak, lansia, ibu hamil atau orang yang kondisi tubuhnya kurang fit,” ujar Ketua Umum PB IDI Moh. Adib Khumaidi melalui siaran pers, Jumat (12/4/24).

Ketum Adib mengingatkan, musim pancaroba identik dengan perubahan cuaca yang drastis, sehingga dapat menjadi ancaman bagi kesehatan. PB IDI pun merekomendasikan beberapa praktik untuk menjaga kesehatan selama musim liburan di pancaroba kali ini, di antaranya melakukan vaksinasi flu setidaknya 1-2 minggu sebelum bepergian dalam kondisi tubuh sedang sehat dan tidak mengalami gejala flu apapun.

Vaksinasi berguna untuk melindungi diri sendiri dan mengurangi kemungkinan menyebarkan virus ke orang lain.

Lebih lanjut, PB IDI juga mengimbau masyarakat agar tidak memaksakan diri melakukan perjalanan jika kondisi tubuh tidak fit.

"Pertimbangkan untuk menunda rencana Anda hingga 24 jam setelah demam dan semua gejala lainnya mereda, tanpa menggunakan obat penurun demam," terang Ketum Adib.

Sebagai pencegahan, siapkan perlengkapan kesehatan perjalanan seperti obat rutin yang harus diminum, juga obat darurat seperti obat luka, obat pereda demam dan nyeri, obat flu, dan pembersih luka.

"PB IDI berharap agar perjalanan yang akan dilakukan oleh masyarakat baik jauh maupun dekat dapat berjalan dengan lancar dan terhindar dari hal yang tidak diinginkan," tutup Ketum Adib.

(ndt/hn/nm)

There are no comments for now.



Komentar

Baca Juga

Terbaru

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek