8 Bahan Sederhana dan Alami yang Bisa Langsung Usir Tikus, Kecoak dan Semut dari Rumah - Merdeka

 

8 Bahan Sederhana dan Alami yang Bisa Langsung Usir Tikus, Kecoak dan Semut dari Rumah

Hama seperti tikus, semut, dan kecoa bisa menjadi masalah bisa jika bersarang di rumah. Segera cari solusi dengan bahan alami untuk mengusirnya.

 pembasmi hama

Rumah Anda ada tikus? Banyak semut? Atau sering ada kecoak? Jangan pusing lagi, ihat di sini cara membasmi hama di rumah Anda!

8 Bahan Sederhana dan Alami yang Bisa Langsung Usir Tikus, Kecoak dan Semut dari Rumah

Makanan di rumah Anda sering hilang dengan misterius? Sering ditemukan bangkai kecoak? Dan banyak gerombolan semut? Mungkin rumah Anda sudah menjadi sarang bagi tikus, semut, dan kecoak. 

Tapi, tidak perlu khawatir! Ada trik-trik simpel yang bisa Anda coba tanpa harus pake bahan-bahan aneh atau panggil ahli. Dari barang-barang yang sering ada di dapur, kita bisa bikin jebakan alami buat lawan hama-hama ini.

Inilah 8 cara praktis buat ngusir tikus, semut, dan kecoak pake bahan sederhana yang gampang dicari di sekitar rumah.

1. Bawang Merah

Bau bawang merah sangat tidak disukai tikus. Anda bisa mengiris bawang merah lalu letakkan pada wadah terbuka di area-area yang sering dilewati tikus. Mereka tidak akan lewat lagi karena bau dari bawang merah yang akan mengganggu penciuman tikus.

2. Minyak Daun Mint atau Peppermint Oil

Persamaan dari tikus, semut, dan kecoak adalah sensitif terhadap bau-bauan. Oleh karena itu, daun mint yang punya bau menyengat bisa jadi soslusi agar hama ini tidak kembali ke rumah Anda.

Caranya cukup mudah, yakni dengan mencampurkan minyak daun mint dan air secukupnya lalu tempatkan di botol spray. Selanjutnya semprotkan pada area yang sering dilalui tikus, semut, dan kecoa.

Jika tidak Anda tidak ada minyak daun mint, bisa diganti dengan ekstrak daun mint yang dicampurkan dengan air.

3. Cuka

Masih dengan bahan yang berbau menyengat, cuka juga bisa digunakan untuk membasmi hama di rumah. Cukup dengan mencampurkan cuka dengan air lalu semprot atau siram pada tempat-tempat seperti sudut ruangan, saluran air, dan lubang di sela dinding, dijamin semut, kecoak dan tikus akan kabur.

4. Perasan Lemon

Anda bisa memanfaaatkan perasan lemon untuk mengusir tikus, semut, dan kecoa sekaligus. Cukup dengan mencampurkan beberapa sendok air lemon dengan air lalu gunakan untuk menyemprot atau mengepel lantai. Jika ingin lebih ampuh, Anda juga bisa menggosokkan kulit lemon ke benda di sekitar are yang sering dilalui hama ini.

5. Kapur Barus

Anda bisa meletakkan beberapa kapur barus atau kamper pada sudut-sudut ruangan dan area yang sering dilewati tikus, semut, dan kecoa.

Bau dari kapur barus ini tidak disukai oleh sebagian besar hewan dan cukup efektif untuk mengusir serangga. Tapi jangan lupa cuci tangan yang bersih usai memegang kapur barus, ya!

6. Serbuk Kayu Manis

Serbuk kayu manis dapat membantu menghalangi jalur semut dan mengeluarkan bau yang tidak disukai kecoak. Anda bisa menaburkan serbuk kayu manis di sekitar tempat-tempat di mana serangga ini sering muncul.

7. Kantung Teh Bekas

Siapa sangka kantung teh bisa mengusir hama di rumah? Terutama bagi tikus, kantung teh dipercaya bisa merusak pernapasannya ketika dimakan atau dihirup tikus. Aroma kantung teh juga tidak disukai oleh serangga.

8. Kulit Jeruk

Bau yang kuat dari kulit jeruk bisa mengganggu indera penciuman kecoak dan membuatnya enggan mendekati area dengan aroma tersebut. Anda bisa menyebar kulit jeruk di area rumah Anda.

Itulah 8 bahan sederhana yang pasti ada di rumah Anda, dan bisa digunakan untuk mengusir hewan-hewan yang menyebabkan rumah menjadi tidak nyaman. Rutin gunakan supaya tikus, kecoak dan semut enggan datang berkunjung lagi ke rumah Anda. Selamat mencoba.

Artikel ini ditulis oleh

Editor Titah Mranani

Sederhana, Begini Cara Ampuh Usir Nyamuk Hanya dengan 2 Bahan Dapur

Tersedia cara yang lebih murah serta efektif untuk mengusir nyamuk dari rumah tanpa menggunakan bahan kimia. Berikut adalah penjelasannya.

12 Bahan Alami dan Sederhana Usir Tokek dari Rumah, Bebas Suara Bising dan Kotoran Berceceran

Mengusir tokek dari rumah tidak perlu ribet, apalagi sampai harus memanggil ahli pembasmi hama. Anda bisa menggunakan bahan yang ada di dapur lho.

Cara Mudah Usir Nyamuk di Rumah Tanpa Bahan Kimia, Cukup Pakai 6 Bahan Dapur

Dengan menggunakan berbagai bahan alami, nyamuk di dalam rumah akan segera pergi dan tidak akan kembali. Berikut adalah rinciannya.

Cara Cepat Menghilangkan Kutu Rambut dengan Mudah Hanya dengan 1 Bahan Alami

Ada solusi sederhana untuk menyingkirkan kutu rambut tanpa perlu menggunakan bahan kimia yang keras atau produk yang mahal

Pertahankan Kesegaran Makanan Tanpa Bahan Kimia, 7 Bahan Dapur Ini Sebagai Pengawet Alami

Untuk membuat makanan tetap tahan lama, kita tidak selalu harus bergantung pada bahan kimia. Sejumlah bahan alami di dapur dapat menjadi pengawet yang efektif.

10 Bahan Alami untuk Hilangkan Kerutan di Wajah, Bikin Penampilan Lebih Awet Muda

Perawatan yang tepat dapat membantu kita merawat kulit dengan baik, menjaga elastisitasnya, dan menyamarkan tanda-tanda penuaan seperti kerutan halus.

3 Bahan Alami yang Ada di Rumah, Bikin Lantai jadi Kinclong dan Anti Bau, Wajib Coba!

Dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar dapur, Anda dapat menciptakan lantai yang bersih dan berkilau secara efisien dan aman.

Cuma Pakai 2 Bahan Sederhana, Ini Trik Atasi Bau Prengus pada Daging Kambing

Bau prengus daging kambing bisa diatasi dengan 2 bahan simpel saja. Begini caranya.

14 Bahan Alami Penyubur Rambut yang Ampuh, Aman Digunakan

Banyak solusi bahan alami tersedia untuk membantu Anda menyuburkan rambut. Apa saja?

Hanya Perlu 1 Bahan Dapur, Begini Trik Usir Semut Tanpa Kapur Barus

Menghilangkan semut di rumah menjadi lebih sederhana dan hemat dengan campuran sederhana ini. Mari pelajari cara membuatnya!

Baca Juga

Komentar

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Opsitek