KAI Buka Lowongan Kerja Bisa untuk Lulusan SMA, Catat Posisi dan Syaratnya! - detkk

 

KAI Buka Lowongan Kerja Bisa untuk Lulusan SMA, Catat Posisi dan Syaratnya!

Jogja 

-

Ada kabar gembira yang dibawa oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI bagi para pencari kerja di Indonesia. Pasalnya, terdapat pembukaan lowongan kerja KAI 2024 yang bisa diikuti oleh lulusan SMA hingga S1.

Merujuk dari laman resmi KAI, PT KAI (Persero) kembali memberikan kesempatan bagi putra dan putri terbaik bangsa untuk mengikuti seleksi dalam rekrutmen eksternal tingkat SLTA, D3, D4, hingga S1. Rekrutmen KAI kali ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sejumlah formasi.

Bagi detikers yang tertarik untuk melamar pada lowongan kerja KAI 2024 ini, detikJogja telah merangkum informasinya secara lengkap. Berikut penjelasan mengenai jadwal, syarat, cara daftar, hingga formasi lowongan kerja KAI 2024.

Jadwal Pendaftaran Lowongan Kerja KAI 2024

Masih merujuk dari laman resmi KAI, rekrutmen eksternal PT KAI (Persero) 2024 kali ini akan berlangsung dalam waktu dekat dan dijadwalkan berakhir di bulan Juli 2024 mendatang. Disampaikan bahwa calon pelamar dalam mulai melakukan proses apply sejak tanggal 23 Juni 2024 dan akan berakhir di tanggal 25 Juni 2024.

Sementara itu, apabila ada pelamar yang dinyatakan lolos dalam Seleksi Administrasi, maka dapat mengikuti Seleksi Kesehatan Awal yang dijadwalkan berlangsung pada 12 Juli 2024. Sebagai cara untuk memudahkan masyarakat dalam mengingat tanggalnya, berikut jadwal pembukaan lowongan kerja PT KAI (Persero) di bulan Juni 2024:

  • Proses apply calon pelamar: 23-25 Juni 2024
  • Perkiraan Seleksi Kesehatan Awal: 12 Juli 2024

Syarat Pelamar Lowongan Kerja KAI 2024

Serupa dengan lowongan kerja di perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang lain, PT KAI (Persero) juga memberlakukan syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh para pelamar. Adapun syarat pelamar dalam rekrutmen eksternal PT KAI (Persero) bulan Juni 2024 adalah sebagai berikut:

  1. Pelamar adalah Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Pelamar berjenis kelamin pria atau wanita yang disesuaikan dengan kebutuhan formasi.
  3. Pelamar dinyatakan sehat secara jasmani dan rohani.
  4. Pelamar memiliki ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL) yang masih berlaku. Bagi pelamar lulusan SLTA (SMA/MA/SMK/MAK) memiliki Ujian Akhir Nasional rata-rata minimal minimal 7,0. Sementara khusus lulusan SLTA di tahun 2020 dan setelahnya memiliki nilai ujian sekolah dengan rata-rata minimal 7,0 atau 70. Kemudian bagi lulusan D3 harus memiliki IPK minimal 3,0 dan jurusan yang terakreditasi minimal Baik Sekali (B) dari BAN-PT. Lalu untuk lulusan D4/S1 harus memiliki IPK minimal 3,0 dan berasal dari jurusan yang terakreditasi minimal Unggul (A) dari BAN-PT.
  5. Pelamar harus berusia sesuai dengan yang dipersyaratkan terhitung pada tanggal 23 Juni 2024. Bagi lulusan SLTA minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun. Kemudian untuk lulusan D3 minimal 20 tahun dan maksimal 27 tahun. Sementara itu, bagi lulusan D4/S1 minimal 21 tahun dan maksimal 30 tahun.
  6. Pelamar harus memenuhi persyaratan tinggi badan minimal dengan formasi Kondektur dan Polsuska untuk pria minimal 163 cm dengan berat badan yang ideal. Kemudian formasi Operasional Non Crew untuk pria minimal 163 cm dengan berat badan ideal dan wanita minimal 160 cm dengan berat yang ideal. Sementara itu, formasi Operasional dan Pemeliharaan Sarana Prasarana untuk pria minimal 160 cm dengan berat yang ideal dan wanita minimal 155 cm dengan berat badan yang ideal.
  7. Pelamar harus memiliki kelakuan yang baik.
  8. Pelamar pria tidak bertindik dan tidak bertato.
  9. Pelamar tidak pernah terlibat dalam penggunaan narkoba maupun psikotropika.
  10. Pelamar tidak pernah dihukum penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap.
  11. Pelamar tidak pernah berhenti bekerja di lingkungan KAI Group dan Afiliasi dengan alasan pensiun dini, atas permintaan sendiri, maupun mendapatkan hukuman disiplin.
  12. Pelamar tidak pernah diberhentikan dari institusi lainnya dengan alasan disiplin maupun secara tidak hormat.
  13. Pelamar tidak memiliki hubungan perkawinan dengan pekerja perusahaan pada saat diterima sebagai karyawan PT KAI (Persero).
  14. Pelamar bersedia untuk mengikuti seleksi rekrutmen sesuai dengan ketentuan yang telah diberlakukan oleh PT KAI (Persero).
  15. Pelamar lulus dalam seleksi calon pekerja baru yang diselenggarakan oleh panitia rekrutmen PT KAI (Persero).

Selain memperhatikan syarat-syarat yang telah dipaparkan di atas, terdapat sejumlah dokumen yang perlu untuk dipersiapkan oleh calon pelamar. Berikut dokumen yang dimaksud:

1. Pas foto terbaru;
2. Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL) yang masih berlaku;
3. Transkrip Nilai;
4. Kartu Tanda Penduduk (KTP) maupun Surat Keterangan Kependudukan;
5. Akreditasi jurusan program studi D3/D4/S1 yang masih berlaku;
6. Sertifikat Bahasa Inggris untuk formasi SLTA-Kondektur.

Tahapan Seleksi

Secara umum, tahapan seleksi dalam rekrutmen PT KAI (Persero) 2024 terdiri dari lima tahapan yang berbeda. Berikut uraian lengkapnya yang dapat dijadikan sebagai gambaran bagi para calon pelamar:

1. Seleksi Administrasi;
2. Seleksi Kesehatan Awal;
3. Seleksi Psikologi;
4. Seleksi Wawancara;
5. Seleksi Kesehatan Akhir (khusus formasi Polsuska ditambah dengan Kesamaptaan).

Cara Daftar Lowongan Kerja KAI 2024

Lantas bagaimana cara mendaftarkan diri dalam rekrutmen PT KAI (Persero) 2024 kali ini? Sebelum melamar dalam seleksi rekrutmen PT KAI (Persero) 2024, calon pelamar perlu untuk memenuhi syarat-syarat yang telah dipaparkan sebelumnya. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan registrasi:

  1. Pelamar melakukan registrasi secara online di laman resmi https://e-recruitment.kai.id/.
  2. Pelamar melakukan proses apply pada tanggal yang telah ditentukan.
  3. Pelamar hanya dapat mengikuti satu event rekrutmen saja.
  4. Pelamar wajib membaca seluruh informasi dan prosedur rekrutmen di laman resmi rekrutmen PT KAI (Persero).
  5. Pelamar harus memastikan email yang digunakan adalah email aktif dan menginput data yang secara jujur.
  6. Pelamar harus memiliki akun di laman resmi rekrutmen KAI.
  7. Pelamar mendapatkan lokasi seleksi yang didasarkan pada kebijakan panitia rekrutmen.
  8. Pelamar dapat melakukan pengecekan secara berkala di laman resmi rekrutmen KAI.
  9. Pelamar perlu untuk berhati-hati selama mengikuti rekrutmen KAI 2024 dikarenakan proses rekrutmen tidak dipungut biaya apapun dan KAI tidak menggunakan sistem refund. KAI juga tidak bekerja sama dengan pihak ketiga dalam pelaksanaan rekrutmen ini.
  10. Pelamar perlu untuk berhati-hati terhadap pihak yang menawarkan bantuan untuk meluluskan peserta dalam rekrutmen ini.
  11. Pelamar perlu memahami bahwa proses seleksi dilakukan dengan sistem gugur dan keputusan yang sudah diambil oleh panitia tidak dapat diganggu gugat.

Daftar Formasi Lowongan Kerja KAI 2024

Pada seleksi rekrutmen eksternal PT KAI (2024) yang akan dibuka mulai 23 Juni 2024 ini, terdapat sejumlah formasi yang dapat diikuti oleh calon pelamar. Perlu diketahui bahwa formasi yang tersedia dapat diikuti oleh calon pelamar lulusan SMA hingga S1. Berikut uraian lengkap formasi lowongan kerja KAI 2024:

  1. Polsuska (SLTA-Pria): Semua jurusan.
  2. Operasional dan Pemeliharaan Sarana Prasarana (SLTA-Pria): Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik Bangunan, Teknik Elektro, Teknik Listrik, Teknik Mekatronika, Teknik Mesin, Teknik Otomasi Industri, Teknik Otomotif, Teknik Pendinginan dan Tata Udara, Teknik Perkapalan, dan Teknologi Pesawat Udara.
  3. Operasional dan Pemeliharaan Sarana Prasarana (D3-Pria dan Wanita): Jurusan Perkeretaapian, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Listrik, Teknik Material, Teknik Mesin, Teknik Mesin Pesawat, Teknik Otomotif, Teknik Perkapalan, Teknik Pesawat, dan Teknik Sipil.
  4. Kondektur (SLTA-Pria): Jurusan Bahasa, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Multimedia, Pariwisata, dan Perhotelan.
  5. Operasional dan Pemeliharaan Sarana Prasarana (D4/S1-Pria dan Wanita): Jurusan Sistem dan Industri, Teknik Elektro, Teknik Fisika, Teknik Industri, Teknik Listrik, Teknik Material, Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Perkapalan, dan Teknik Sipil.
  6. Operasional Non Crew (SLTA-Pria): Jurusan Bahasa, Ilmu Pengetahuan Sosial, Multimedia, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer, Teknik Telekomunikasi.
  7. Operasional Non Crew (D4/S1-Pria dan Wanita): Jurusan Akuntansi, Manajemen Transportasi Darat, Teknik Informatika, Teknik Pesawat, Teknik Telekomunikasi.
  8. Operasional Non Crew (D3-Pria): Jurusan Administrasi Perkantoran, Administrasi Publik, Akuntansi, Manajemen Bisnis, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasional, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Transportasi, Teknik Informatika, Teknik Telekomunikasi

Demikian tadi rangkuman informasi lengkap mengenai lowongan kerja PT KAI (Persero) 2024 yang bisa diikuti oleh detikers. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Simak Video "Kisah Pilu 7 Calon TKI Niat Perbaiki Nasib di Malaysia Berujung Ditipu"



(ams/dil)

Baca Juga

Komentar

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Opsitek