Mengonsumsi Stevia sebagai Pengganti Gula Setiap Hari, Amankah? - Medcom

 

Mengonsumsi Stevia sebagai Pengganti Gula Setiap Hari, Amankah?

FITNESS & HEALTH

Aulia Putriningtias

Sabtu 25 Mei 2024 / 07:10

Jakarta: 

Masyarakat semakin disadari dengan pentingnya mengontrol

gula 

bagi

kesehatan tubuh 

. Penderita

diabetes 

di Indonesia dapat mencapai 30 juta orang pada 2030, jika tidak dapat mengontrol diri.

Media sosial pun mulai ramai membicarakan stevia sebagai pengganti gula. Stevia terbuat dari tanaman Stevia rebaudiana. Ekstrak daun stevia mengandung zat steviol glycosides yang 100–400 kali lebih manis dari gula biasa.

Menurut dr. Diana Felicia Suganda, M.Kes., Sp.G.K. selaku dokter spesialis gizi klinik, tidak ada masalah dalam mengonsumsi stevia setiap hari. Ini dikarenakan stevia mengandung nol kalori.

"Tidak masalah dikonsumsi setiap hari," ungkap dr. Diana saat ditemui di Jakarta, Jumat, 24 Mei 2024.

Baca juga: Moms, 6 Cara Mengonsumsi Gula yang Aman untuk Anak

Lebih lanjut, dr. Diana menambahkan bahwa stevia cocok untuk pengidap diabetes. Namun, perlu untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar pasien diberikan rekomendasi yang tepat.

Stevia juga dipercaya dapat menghambat penyerapan glukosa di usus dan merangsang pelepasan insulin. Dengan begitu, pemanis ini bisa bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah pada penderita diabetes, menurunkan berat badan, atau menjaga berat badan ideal.

Namun, dr. Diana mengatakan secara harfiah pengurangan gula bukan hanya tentang mengurangi. Cara seseorang mengontrol rasa manis itu yang perlu dilakukan juga, demi menjaga tubuh tetap sehat.

"Dikonsumsi tiap hari enggak masalah, tapi poinnya kan gimana kita kontrol mulut dari rasa manis. Jadinya, otak mikir mau manis terus, itu yang perlu dikontrol," jelasnya.

Sebagai pemanis buatan, stevia dapat dicampurkan secukupnya ke dalam makanan atau minuman. Jika kamu memiliki stevia cair, cukup campurkan 1–2 tetes ke dalam makanan atau minuman. Sementara untuk bubuk, campurkan 1–3 gram stevia bubuk ke dalam makanan atau minuman.

Stevia aman untuk digunakan sebagai pemanis buatan. Namun, bagi beberapa orang, pemanis buatan ini dapat meninggalkan rasa yang agak pahit di mulut. Selain itu, ada beberapa efek samping jika kamu kurang cocok dengan stevia, yaitu:

- Perut kembung

- Mual

 

- Muntah

 

- Nyeri otot

 

- Diare

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

(FIR)

Komentar

Baca Juga

Terbaru

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek