Beragam Jenis Sambal yang Sengatan Pedasnya Bikin Makan Lebih Nikmat - detik

 

Beragam Jenis Sambal yang Sengatan Pedasnya Bikin Makan Lebih Nikmat

Jakarta 

-

Saking melekatnya, makan tanpa sambal bagi mayoritas orang Indonesia dibilang kurang nikmat. Ternyata sambal di Indonesia ada ratusan jenisnya.

Bukan rahasia lagi jika Indonesia kaya akan rempah-rempah dan bumbu dapur. Seperti jahe, lengkuas, kencur, kunyit, daun salam, daun jeruk, hingga berbagai jenis cabai bisa didapatkan dengan segar.

Tidak sedikit juga masyarakat Indonesia yang sengaja menyiapkan lahan berlebih di halaman rumahnya untuk menanam bumbu dapurnya sendiri. Kebiasaan memasak menggunakan rempah dan bumbu membuat orang Indonesia kaya dengan rasa salah satunya melalui sambal.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Rasa sambal yang pedas dan segar disebut sebagai pelengkap makanan yang wajib hadir dalam menu apapun. Ternyata sambal di Indonesia tidak hanya segelintir jenisnya, tetapi ada ratusan bahkan lebih untuk melengkapi nikmatnya suatu hidangan.

Beragam Jenis Sambal yang Sengatan Pedasnya Bikin Makan Lebih NikmatBerbagai jenis olahan sambal dapat ditemukan di Indonesia. Foto: Getty Images/Sukma Rizqi

Menurut Achmad Sunjayadi, ahli sejarah pariwisata dari Universitas Indonesia, gemarnya orang Indonesia makan sambal disebabkan oleh karakter hidangannya. Makanan Indonesia dapat diklasifikasikan menjadi kou eaten atau hidangan dingin yang butuh penambah temperatur dari rasa pedas.

Sambal tidak hanya populer di beberapa daerah di Jawa saja. Setiap pulau, setiap provinsi, setiap kota, hingga setiap suku memiliki jenis sambal tradisionalnya masing-masing.

Mulai dari Sumatera Utara misalnya. Dari ujung Aceh hingga batas selatan Sumatera Utara memiliki banyak sambal nikmat yang bisa dikonsumsi penduduknya. Ada sambal asam udeung hingga sambal andaliman yang pedasnya membara.

Menyebrang ke pulau Kalimantan ada juga berbagai jenis sambal yang pedasnya bikin menjerit. Sambal gami adalah salah satu sambal khas Bontang yang kini mulai populer hingga disajikan dengan hot plate sebagai sambal bakar.

Beragam Jenis Sambal yang Sengatan Pedasnya Bikin Makan Lebih NikmatRasanya yang pedas menyengat disebut bikin makan lebih nikmat. Foto: Getty Images/Sukma Rizqi

Berbagai olahan sambal juga termasuk ke dalam bumbu yang mudah dipadukan dengan berbagai jenis makanan. Bahkan antara sambal dari suatu daerah juga bisa saja dipadukan dengan lauk pauk dari daerah yang lain.

Karenanya identitas sambal yang ditambahkan ke dalam piring makan mampu melambangkan kebhinekaan. Selain jenis sambalnya masih sedikit diketahui bahwa ciri khas rasa dari sambal yang disajikan dapat berbeda akibat jenis cabai yang digunakan.

Siapa yang menyangka bahwa Indonesia punya cabai yang tak kalah pedas dengan jalapeno untuk dijadikan sambal? Agar membuat sambal tradisional lebih populer lagi, kali ini detikfood akan membahas serba-serbi sambal tradisional.

Sambal khas daerah, tips membuat sambal yang awet, hingga rekomendasi tempat makan sambal tertentu akan dikupas tuntas. Agar tak ketinggalan informasinya jangan lupa untuk terus memantau detikFood ya!

(dfl/odi)

Komentar

Terbaru

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek