Tips Persiapkan Diri Ikut Tes CPNS 2024 - RRI

 

RRI.co.id - Tips Persiapkan Diri Ikut Tes CPNS 2024

KBRN, Atambua: Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 telah dibuka dan banyak pelamar sedang bersiap menghadapi seleksi yang ketat. Muhammad Machrus Ali, seorang PNS, memberikan tips mempersiapkan diri mengikuti tes CPNS 2024, saat diwawancarai RRI, Kamis (29/8/2024).

“Setiap tahunnya, format dan jenis soal pada tes CPNS bisa mengalami perubahan. Oleh karena itu, penting untuk memahami jenis tes yang akan dihadapi,” ucap Ali, karib disapa.

Menurutnya, tes CPNS umumnya meliputi Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang mencakup kemampuan verbal, numerik, dan figural, serta TKB. TKB (Tes Kompetensi Bidang) akan diberikan sesuai dengan jabatan yang dilamar.

Ali mengatakan manajemen waktu menjadi salah satu kunci penting dalam menentukan kelulusan. "Buatlah jadwal belajar yang teratur dan sesuaikan dengan jenis tes yang akan dihadapi," ujarnya.

Lanjut Ali, perlu dedikasi waktu khusus untuk latihan soal, terutama pada materi yang dirasa paling sulit. Menggunakan aplikasi atau buku panduan yang relevan dapat sangat membantu.

Berlatih dengan soal-soal latihan adalah cara terbaik untuk mempersiapkan diri. Cobalah untuk menyelesaikan soal-soal dari tahun-tahun sebelumnya dan simulasikan ujian dengan waktu yang sama. 

Hal lni akan membantu membiasakan diri dengan format soal dan tekanan waktu. Ali juga mengungkapkan, melakukan simulasi ujian lengkap dengan waktu yang ditentukan bisa membiasakan diri dengan kondisi ujian sebenarnya. 

Cara tadi membantu mengurangi rasa gugup dan meningkatkan kepercayaan diri saat menghadapi tes yang sesungguhnya.

“Persiapan tes CPNS tidak hanya memerlukan usaha akademis tetapi juga kesehatan yang baik. Pastikan kamu cukup tidur, makan makanan bergizi, dan berolahraga secara teratur untuk menjaga stamina dan konsentrasi,” katanya mengakhiri. 

Itulah beberapa tips bagi kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi CPNS 2024 mendatang.


Baca Juga

Komentar

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Opsitek