6 Efek Minum Air Rendaman Nanas Setiap Pagi, Apa Saja? Halaman all - Kompas

 

6 Efek Minum Air Rendaman Nanas Setiap Pagi, Apa Saja? Halaman all - Kompas.com

Ilustrasi buah nanas bisa mengobati penyakit apa?

KOMPAS.com Nanas atau Ananas comosus merupakan buah tropis asal Brazil yang juga tumbuh dan populer di Indonesia. Cita rasanya yang segar, manis dengan sedikit asam membuat buah ini digemari sejumlah orang.

Buah nanas juga kaya akan nutrisi. Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan, dalam nanas terdapat serat, kalsium, fosfor, kalium, natrium, vitamin C, B1, B2, dan B3.

Oleh sebab itu, mengonsumsi nanas dapat memberikan efek yang baik bagi tubuh. Cara mengonsumsi nanas tidak hanya dengan memakan daging buahnya saja, tetapi bisa dilakukan dengan membuat air rendaman nanas.

Anda bisa merebus nanas dengan air mineral atau membuat infused water dengan merendam nanas di air matang.

Air rebusan nanas kemudian bisa dikonsumsi saat pagi hari untuk membantu Anda semakin berenergi menjalani aktivitas dan membuat tubuh terasa lebih segar.

Selain itu, minum air rendaman nanas setiap pagi memiliki manfaat tersendiri. Berikut rangkumannya.

Minum air rendaman nanas setiap pagi

Air rendaman nanas memiliki manfaat yang baik bagi tubuh bila diminum setiap pagi. Efek yang akan dirasakan, antara lain:

1. Melancarkan pencernaan

Nanas mengandung enzim bromelain yang telah terbukti membantu melancarkan pencernaan.

Manfaat enzim ini salah satunya dibuktikan oleh peneliti pada 2016 dalam jurnal Biomedical Reports.

Studi ini menyebut bahwa bromelain ampuh meningkatkan kerja pencernaan pada orang yang pankreasnya tidak cukup  memproduksi enzim.

Bromelain dapat meringankan kerja usus menyerap protein dengan memecahnya menjadi subunit yang lebih kecil, seperti asam amino dan peptida.

2. Menurunkan berat badan

Pakar diet senior dari Rumah Sakit Dharamshila Narayana Superspeciality, Payal Sharma mengungkapkan minum air rendaman nanas setiap pagi bisa menurunkan berat badan.

Dilansir dari The Indian Express, nanas adalah buah tinggi serat yang ketika dikonsumsi dengan cara diminum air atau dimakan dagingnya akan membuat Anda kenyang lebih lama.

Rasa kenyang inilah yang menjadi pengontrol agar tidak makan secara berlebihan dan sekaligus bisa menurunkan serta menjaga berat badan.

3. Mengurangi peradangan

Air rendaman nanas dapat membantu mengurangi peradangan, yang diyakini merupakan faktor penyebab banyak penyakit kronis.

Menurut penelitian Biotechnology Research International tahun 2012, enzim bromelain dalam nanas sama efektifnya dengan obat anti-inflamasi, tetapi risiko efek sampingnya lebih kecil.

Di Eropa, senyawa ini bahkan telah disetujui untuk digunakan sebagai pereda peradangan yang diakibatkan oleh trauma, luka pasca operasi, atau luka bakar.

4. Kekebalan tubuh meningkat

Ilustrasi tips agar badan tidak mudah sakit
Lihat Foto

Minum air rendaman nanas akan membuat daya tahan tubuh Anda lebih kuat dan memperkecil risiko terinfeksi virus.

Sejumlah studi menyebut, bromelain bisa membantu pemulihan dari infeksi, seperti pneumonia, sinusitis, dan bronkitis, terutama bila digunakan dengan kombinasi antibiotik.

Selain itu, nanas mengandung mangan dan kadar vitamin C tinggi, yakni 79 miligram per cangkirnya. Kedua nutrisi ini juga berperan penting menjaga kekebalan tubuh.

5. Membantu melawan kanker

Merujuk pada beberapa penelitian, bromelain dapat mencegah pembentukan tumor, mengurangi ukurannya, bahkan membantu mematikan sel kanker.

Manfaat ini didapatkan oleh ilmuwan setelah melakukan penelitian tabung reaksi menggunakan jumlah bromelain yang terkonsentrasi tinggi.

6. Membersihkan liver dan usus besar

Dikutip dari Step to Health, enzim pencernaan dan antioksidan pada air rendaman nanas bisa merangsang fungsi hati dan pergerakan usus.

Hal tersebut akan memperlancar proses pembuangan racun dalam tubuh. Oleh karena itu, air rebusan nanas bisa menjadi minuman detoksifikasi.

Nah, itulah efek yang akan dirasakan oleh tubuh jika minum air rendaman nanas setiap pagi.

Perlu diingat, setiap orang memiliki respons tubuh yang berbeda-beda. Apabila dirasa muncul efek samping, seperti sakit perut, asam lambung naik sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Baca Juga

Komentar

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Opsitek