RI Bakal Ekspor Rumput Laut ke China, Berapa Jumlahnya? - inews

 

RI Bakal Ekspor Rumput Laut ke China, Berapa Jumlahnya? - Bagian All

RI Bakal Ekspor Rumput Laut ke China, Berapa Jumlahnya?Ilustrasi rumput laut. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Holding BUMN Pangan atau ID Food membidik ekspor komoditas rumput laut ke China atau Tiongkok. Aksi korporasi ini untuk mendorong nilai tambah produk perikanan dan kelautan di dalam negeri.

VP Perdagangan dan Logistik ID Food, Ferry Fardiansyah, mengatakan peluang ekspor rumput laut dan komoditas perikanan ke Tiongkok sangat menjanjikan. Untuk itu, berbagai langkah strategis akan dan sedang ditempuh perseroan.

Baca Juga

Relawan Srikandi Ganjar Edukasi Masyarakat Luwu Timur Budi Daya Rumput Laut

Menurutnya, strategi yang dipilih perusahaan dengan menggandeng sejumlah perusahaan di sektor pangan dan perdagangan asal China. Lalu, aktif mengikuti berbagai eksebisi berskala internasional.

"Seperti pada kesempatan kali ini kita melakukan lawatan ke Tiongkok untuk mengikuti pameran Cross-Border E- commerce berskala internasional dan melakukan kunjungan bisnis ke sejumlah perusahaan Tiongkok yang bergerak di sektor pangan dan perdagangan,” ujar Ferry, Minggu (24/3/2024). 

Baca Juga

Ekspor Februari RI Anjlok jadi 19,31 Miliar Dolar AS, Ini Penyebabnya

"Dari kegiatan tersebut berhasil dijaring puluhan potential buyer dengan potensi kerja sama senilai Rp64 miliar,” paparnya. 

Klik halaman selanjutnya untuk membaca>>>

Baca Juga

Jokowi Ungkap Banyak Negara Rem Ekspor Beras akibat Perubahan Iklim

Ferry menyebut, salah satu potential buyer yang dalam waktu dekat akan melakukan kerja sama ekspor-impor rumput laut dengan ID Food adalah Jianxi Lemon Biotechnology Co. Ltd. dengan potensi penjualan sebesar 1.200 Metrix Ton (MT) per tahun.

Pada tahap pertama, ID Food akan mengekspor 100 ton komoditas rumput laut cottonii seaweed. Target ini dilakukan pada April 2024. Ferry mencatat, jumlah itu cukup baik lantaran China adalah market rumput laut terbesar di dunia. 

"Ini merupakan langkah yang baik untuk meningkatkan ekspor rumput laut ke Tiongkok sebagai salah satu pasar terbesar rumput laut dunia,” beber dia. 

Ferry menambahkan, pihaknya akan melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Jianxi Lemon Biotechnology Co. Ltd, sebagai landasan awal untuk kerja sama yang lebih luas.

Pada 2023, melalui anak perusahaannya PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI), ID Food telah melakukan ekspor rumput laut Eucheuma Cottoni sebanyak 212 MT.

Rumput laut yang diekspor hasil produksi petani dalam negeri yang di off take oleh perusahaan.

“Tahun lalu ID Food telah melakukan ekspor rumput laut ke sejumlah negara seperti Tiongkok, Korea, Taiwan, dan Vietnam. Kerja sama ekspor terbaru ini akan meningkatkan volume ekspor rumput laut si tahun ini,” ucapnya.

Untuk mendukung kegiatan ekspor rumput laut tersebut, ID Food memiliki gudang penyimpanan khusus rumput laut di Tanjung Perak dengan kapasitas 6.000 MT dan Buduran dengan kapasitas 700 MT.

Editor : Puti Aini Yasmin

Follow Berita iNews di Google News


Komentar

Baca Juga

Terbaru

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek