Dokter Ungkap Penyebab Sakit Telinga yang Jarang Diketahui - BeritaSatu

 

Dokter Ungkap Penyebab Sakit Telinga yang Jarang Diketahui

Jakarta, Beritasatu.com - Kesehatan telinga merupakan hal penting yang kerap diabaikan. Telinga yang sering terasa gatal, nyeri, atau mengeluarkan cairan bisa jadi tanda infeksi.

ADVERTISEMENT

Menurut dokter ahli saraf, ada beberapa penyebab utama di balik sebagian besar kasus sakit telinga. Dilansir dari laman Popsugar, Jumat (24/5/2024), Ahli otolaringologi di Los Angeles, California, Courtney Voelker mengatakan, sakit pada telinga seperti saat menelan, bisa disebabkan karena pembukaan saluran eustachius.

Ia menjelaskan, eustachius saluran yang membantu mengalirkan cairan dari telinga tengah dan menyeimbangkan tekanan udara di dalam telinga, terjadi penumpukan cairan dan menimbulkan rasa sakit.

Sementara itu, spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan di Rumah Sakit Northwell Lenox Hill, Linda Dahl mengatakan, saluran tersebut terletak di bagian belakang hidung dan tenggorokan. 

“Ada sedikit saraf yang melewati telinga hingga ke tenggorokan, Itu adalah rasa sakit yang dirujuk," katanya.

Sedangkan jika seseorang merasa sakit saat menyentuh telinga bagian dalam bisa jadi infeksi telinga bagian luar, seperti telinga perenang.

Sakit telinga bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk infeksi, tekanan yang berubah-ubah, atau adanya benda asing di telinga. Beberapa penyebab umum sakit telinga meliputi:

1. Infeksi telinga tengah (otitis media)

Sering terjadi pada anak-anak dan bisa disertai demam dan gangguan pendengaran sementara.

2. Infeksi telinga luar (otitis eksterna)

Juga dikenal sebagai swimmer's ear. Hal ini adalah infeksi pada saluran telinga luar yang sering disebabkan oleh bakteri atau jamur.

3. Perubahan tekanan

Gangguan atau sakit pada telinga juga ada perubahan tekanan. Misalnya, saat naik pesawat atau menyelam.

4. Penumpukan kotoran telinga

Sakit pada telinga juga bisa sebabkan adanya penumpukan kotoran. Sehingga ada rasa tidak nyaman dan gangguan pendengaran.

5. Cedera atau Trauma

Sakit pada telinga juga bisa karena faktor cedera atau trauma. Misalnya, karena memasukkan benda ke dalam telinga yang membuat pendengarnya ikut terpengaruh.

6. Masalah gigi atau rahang

Masalah gigi atau rahang juga bisa menyebabkan sakit pada telinga. Seperti infeksi gigi atau temporomandibular joint (TMJ) syndrome.

Komentar

Baca Juga

Terbaru

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek