Sering Capek Tanpa Tahu Penyebabnya? Awas Jantung Bermasalah, Ini Kata Dokter - detik

 

Sering Capek Tanpa Tahu Penyebabnya? Awas Jantung Bermasalah, Ini Kata Dokter

Jakarta 

-

Penyakit jantung adalah salah satu masalah kesehatan yang harus menjadi perhatian. Jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat, bukan tidak mungkin masalah jantung bisa berakibat pada kematian.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dr Basuni Radi, SpJP menjelaskan terdapat beberapa gejala umum yang mungkin bisa menjadi pertanda adanya masalah pada jantung. Beberapa tanda-tanda ini dapat dirasakan ketika sedang beraktivitas sehari-hari.

"Nah, setiap (masalah jantung) tentu saja mempunyai ciri-ciri yang berbeda, tetapi pada umumnya yang orang tahu misalnya jantung koroner atau gangguan pompa jantungnya, biasanya orangnya ngeluhnya tidak biasa ada keluhan nyeri kalau aktivitas, sesak," kata dr Basuni ketika berbincang dengan awak media, Selasa (25/6/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Selain itu biasanya ada perasaan cepat capek yang nggak jelas apa penyebabnya, ada keluhan berdebar-debar, ada misalnya pingsan, kayak gitu mungkin saja ada masalah pada jantungnya," sambungnya.

dr Basuni meminta masyarakat untuk waspada jika mengalami gejala tersebut. Langkah penting selanjutnya yang bisa dilakukan oleh masyarakat adalah memeriksakannya secara langsung ke dokter terpercaya.

Ia mengatakan bahwa gejala tersebut harus diperiksa apakah memang berkaitan dengan kondisi jantung atau masalah kesehatan yang lain.

"Ada pemeriksaan skrining yang harus dilalui supaya memastikan apakah ini masalah jantung atau masalah yang lain. Karena terkadang ada keluhan yang mirip tapi ternyata penyebabnya lain," jelas dr Basuni.

"Pemeriksaan yang dilakukan bisa pemeriksaan fisik, elektrokardiografi atau rekam jantung, USG jantung, mungkin treadmill test untuk melihat kemungkinan apa jantungnya kekurangan oksigen apa tidak, ada gangguan irama atau tidak, itu bisa," tandasnya.

(avk/naf)

Komentar

Terbaru

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek