Waspada! Ini 10 Makanan Pemicu Kelenjar Getah Bening yang Perlu Dihindari - detkk

 

Waspada! Ini 10 Makanan Pemicu Kelenjar Getah Bening yang Perlu Dihindari

Jakarta 

-

Kelenjar getah bening merupakan organ kecil berbentuk seperti kacang yang dapat muncul di beberapa bagian tubuh. Organ ini berfungsi penting untuk menyaring zat yang masuk dalam tubuh.

Ketika melawan infeksi dan penyakit, kelenjar getah bening akan bereaksi, sehingga dapat membengkak atau membesar. Namun, tak jarang pembengkakan kelenjar getah bening juga dipicu oleh faktor makanan tertentu.

Makanan Penyebab Kelenjar Getah Bening

Seperti yang disebut sebelumnya, makanan adalah salah satu faktor penyebab kondisi kelenjar getah bening membengkak. Dikutip dari laman Icyhealth, Artemis, dan Blendofbites, berikut 10 makanan pemicu gangguan kelenjar getah bening yang harus dihindari:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Makanan yang Mengandung Gluten

Gluten merupakan jenis protein yang dapat dijumpai pada produk makanan gandum, seperti sereal, kue, sereal, dan roti. Makanan ini tidak disarankan bagi pengidap pembengkakan kelenjar getah bening karena dapat menyebabkan efek samping tertentu.

Mulai dari kram, kembung, dan menurunnya sistem kekebalan tubuh. Selain itu, makanan dengan kandungan gluten juga justru akan semakin memperbesar kelenjar getah bening.

2. Makanan Rendah Serat

Kelenjar getah bening berkaitan erat dengan sistem tubuh lainnya, diantaranya yaitu sistem limfatik yang berperan melindungi tubuh dari organisme asing penyebab penyakit. Lebih lanjut, sistem limfatik juga berkaitan dengan sistem pencernaan.

Karena itu, makanan rendah serat yang bisa menyebabkan penurunan pergerakan saluran usus juga perlu dihindari oleh mereka yang menderita kelenjar getah bening. Contoh makanan rendah serat meliputi ayam, telur, mayones, selai kacang, minyak zaitun, dan nasi putih.

3. Makanan Tinggi Sodium

Makanan selanjutnya yang perlu dihindari oleh penderita kelenjar getah bening bengkak adalah makanan yang tinggi akan sodium. Dilansir dari situs Kosmeaesthetic, asupan sodium tinggi dapat memberatkan sistem limfatik dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Kandungan sodium tinggi biasanya terdapat pada makanan seperti saus, acar, dan makanan kemasan.

4. Daging Merah

Pengidap kelenjar getah bening bengkak sebaiknya membatasi konsumsi daging merah, seperti daging sapi, domba, babi atau kambing. Pasalnya, daging merah berpotensi mengganggu mikrobioma dan berakibat pada menurunnya sistem kekebalan tubuh.

5. Junk Food

Terlepas dari rasanya yang lezat, tak terpungkiri bahwa makanan cepat saji menimbulkan berbagai dampak buruk bagi kesehatan. Salah satunya yaitu memengaruhi kelenjar getah bening.

Hal ini karena produk fast food akan memicu penumpukan lemak pada kelenjar getah bening yang membengkak, sehingga fungsi penyaringan oleh organ ini pun terganggu.

6. Gorengan

Makanan primadona warga Indonesia ini ternyata juga termasuk dalam daftar makanan yang harus dihindari oleh penderita kelenjar getah bening bengkak. Hal ini karena gorengan mengandung banyak lemak yang dapat membebani kinerja sistem limfatik.

7. Makanan Non Organik

Sama seperti gorengan, produk non organik yang menggunakan bahan kimia juga membuat sistem limfatik harus bekerja ekstra dalam melakukan penyaringan. Agar sistem limfatik tetap sehat, ada baiknya untuk menghindari jenis makanan satu ini.

8. Produk Susu

Produk olahan susu seperti keju memiliki sodium dan lemak berjumlah tinggi. Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, lemak merupakan penyebab utama yang membebani fungsi dari sistem limfatik.

9. Gula Rafinasi

Konsumsi gula rafinasi (gula dari sari tebu) secara berlebih merupakan pantangan bagi pengidap kelenjar getah bening bengkak. Hal ini disebabkan kelebihan asupan gula dapat memperlambat pergerakan cairan dan dan resistensi insulin, yaitu kondisi kadar glukosa tinggi dalam jangka waktu lama.

Jika terus dibiarkan, kondisi tersebut dapat mengakibatkan kerusakan jaringan dalam sistem limfatik.

10. Pemanis Buatan

Jenis makanan terakhir yang pantang dikonsumsi penderita pembengkakan kelenjar getah bening adalah produk pemanis buatan.

Sejumlah penelitian menemukan bahwa pemanis buatan dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh. Karena itu, konsumsi pemanis buatan sebisa mungkin harus dihindari.

Faktor Penyebab Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Selain makanan, kelenjar getah bening bengkak juga dapat disebabkan oleh faktor-faktor lainnya. Mengutip dari laman Healthline, penyebab kelenjar getah bening bengkak adalah sebagai berikut:

  • Reaksi alergi terhadap obat-obatan.
  • Stress.
  • Sariawan.
  • Infeksi telinga.
  • Infeksi sinus.
  • Infeksi gigi (abses).
  • Radang tenggorokan.
  • Radang gusi.
  • Infeksi kulit seperti selulitis.
  • Penyakit HIV.
  • Penyakit menular seksual seperti sifilis atau gonorrhea.
  • Penyakit kanker seperti leukemia, limfoma hodgkin, dan non-hodgkin.

Cara Menjaga Kelenjar Getah Bening Tetap Sehat

Dikutip dari buku Bunga Rampai Ilmu Biomedik, berikut hal-hal yang bisa dilakukan untuk menjaga sistem limfatik dan organ kelenjar getah bening tetap sehat:

  • Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan banyak minum air.
  • Konsumsi makanan bergizi seimbang.
  • Istirahat dan tidur yang cukup.
  • Olahraga secara teratur.
  • Hindari paparan bahan kimia berbahaya.
  • Gunakan perawatan luka yang tepat untuk mencegah terjadinya infeksi setelah cedera.

Itu dia tadi daftar makanan penyebab kelenjar getah bening yang sebaiknya dihindari. Untuk memelihara kesehatan kelenjar getah bening, jangan lupa untuk memerhatikan konsumsi makanan dibarengi dengan pola hidup yang sehat.

Simak Video "Begini Pola Makan yang Dianjurkan Ahli Gizi untuk Jemaah Haji"

(khq/khq)

Komentar

Baca Juga

Terbaru

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek