5 Kesalahan Makan Malam yang Harus Dihindari Penderita Diabetes - detik

 

5 Kesalahan Makan Malam yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Jakarta 

-

Makan malam juga tetap harus dilakukan penderita diabetes. Namun, harus sesuai dengan anjuran dan menghindari beberapa kesalahan agar gula darah tak melonjak.

Meski sarapan adalah waktu makan terpenting, bukan berarti makan malam harus dilewatkan. Makan malam bisa tetap menyehatkan kalau sesuai anjuran dan memperhatikan asupannya.

Dilansir dari Food NDTV (19/7), bagi penderita diabetes, penting untuk mmeilih asupan makan yang tepat. Karena, makanan dan minuman tertentu dapat menyebabkan kenaikan kadar gula darah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Beberapa kesalahan yang umum dilakukan saat makan malam. Mulai dari tidak menentukan waktu makan malam hingga tidak mengontrol porsi makan.

Berikut 5 kesalahan yang harus dihindari penderita diabetes ketika makan malam:

1. Tidak Menentukan Waktu Makan Malam

Waktu makan malam ternyata penting untuk ditetapkan. Waktunya harus seimbang setiap hari, jangan berbeda-beda. Misalnya, malam ini makan malam pukul 7, maka esoknya juga harus pukul 7.

Memang menentukan waktu makan malam ini agak sulit, namun memang harus dibiasakan. Dengan menentukan makan malam yang teratur, tubuh akan terbiasa dan tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

2. Kelebihan Karbohidrat

Rice berry Rice, organic rice in bowl, Thia healthy foodnasi merah Foto: Getty Images/iStockphoto/dontree_m

Karbohidrat memang penting dikonsumsi setiap hari, tapi perhatikan juga asupannya. Jenis karbohidratnya juga harus diperhatikan.

Pilihlah karbohidrat komplet daripada karbohidrat sederhana, karena dampaknya lebih kecil terhadap gula darah. Jenis yang bagus dipilih adalah oat, beras merah, quinoa, hingga tepung gandum utuh.

3. Tidak Cukup Serat dan Protein

Ini 5 Efek Samping Diet Tinggi Protein yang Bahayakan Kesehatanmakanan mengandung protein Foto: Getty Images/Kanawa_Studio

Asupan serat dan protein yang cukup setiap hari juga penting diperhatikan. Jangan sampai kurang atau tidak menyertakannya sama sekali.

Saat merencanakan makan malam, penting untuk memasukkan serat dan protein dalam jumlah yang cukup bersama dengan karbohidrat. Makanan seimbang memastikan tubuhmu mendapatkan semua nutrisi penting yang dibutuhkan untuk kesehatan optimal.

Makanan tinggi serat dan protein juga membantu dalam mengontrol gula darah dengan lebih baik. Asupan itu juga membuat Anda kenyang lebih lama.

4. Memilih yang Tak Sehat

Lauk pendamping saat makan malam juga harus yang sehat, tapi banyak orang kerap memilih yang tak sehat. Misalnya memilih makanan dengan kandungan gula tinggi.

Makanan pendamping seperti saus tomat atau saus celupan lainnya sebaiknya dihindari. Hindari juga minuman yang terlalu manis ketika sedang makan malam.

5. Tak Mengontrol Porsi Makan

Jika porsi makan tampak berlebihan, sebaiknya dihindari saat makan malam. Jangan beranggapan kalau tubuh sehat jadi bebas menyantapnya, karena kadar gula darah bisa meningkat kapanpun.

Sebagai aturan praktis, hindari makan ketika kamu sudah mulai merasa sedikit kenyang. Dengan cara ini, kamu secara alami akan makan lebih sedikit dan menghindari makan berlebihan.

(yms/odi)

Baca Juga

Komentar

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Opsitek