7 Camilan yang Cocok untuk Pengidap Diabetes, Nggak Bikin Gula Darah Naik - detik

 

L 7 Camilan yang Cocok untuk Pengidap Diabetes, Nggak Bikin Gula Darah Naik

Jakarta 

-

Pengidap diabetes memang memiliki sejumlah pantangan, khususnya dalam mengonsumsi makanan. Sebab makanan tertentu, seperti yang terlalu banyak mengandung garam atau gula, bisa memperburuk kondisi dan meningkatkan risiko komplikasi.

Kendati demikian, bukan berarti pengidap diabetes tidak boleh mengonsumsi camilan. Hanya saja, camilan untuk pengidap diabetes tidak bisa sembarangan dan harus memerhatikan kandungan nutrisinya.

Dikutip dari Healthline, camilan untuk pengidap diabetes sebaiknya mengandung serat, protein, dan lemak sehat. Pasalnya, nutrisi-nutrisi tersebut dapat membantu menjaga kadar gula dalam darah tetap terkendali.

Lantas, apa saja camilan yang aman untuk pengidap diabetes? Berikut pembahasannya.

1. Telur Rebus

Telur rebus adalah camilan sehat yang baik untuk pengidap diabetes. Selain mengenyangkan, telur rebus mengandung protein tinggi yang dapat mencegah gula darah 'meroket' setelah makan.

Sebuah studi juga menunjukkan pengidap diabetes yang rutin mengonsumsi dua butir telur sehari mengalami penurunan kadar gula darah puasa dan hemoglobin A1c (HbA1c).

2. Yogurt dan Buah Beri

Kombinasi yogurt dan buah beri merupakan camilan yang punya banyak manfaat bagi pengidap diabetes. Buah beri, seperti blackberi, stroberi, dan raspberi mengandung antioksidan yang dapat mengurangi peradangan serta mencegah kerusakan pada pankreas, organ yang memproduksi hormon insulin.

Buah beri juga kaya akan serat yang membantu memperlambat proses pencernaan, sehingga mengurangi kadar gula darah setelah makan.

Di sisi lain, yogurt juga dikenal sebagai makanan yang dapat membantu mengelola kadar gula darah. Terutama, Greek yogurt yang memiliki kandungan protein paling tinggi.

3. Kacang Almond

Tak hanya praktis, kacang almond juga merupakan camilan yang kaya nutrisi. Penelitian menunjukkan pasien diabetes yang mengonsumsi kacang almond selama 24 minggu mengalami penurunan kadar gula darah sebesar 3 persen.

Khasiat kacang almond dalam menurunkan kadar gula darah berasal dari serat, protein, dan lemak sehat yang terkandung di dalamnya. Ketiga nutrisi tersebut memainkan peranan penting dalam menurunkan kadar gula darah dan mengelola diabetes.

Selain itu, kacang almond juga dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah, serta membantu menurunkan berat badan.

4. Alpukat

Alpukat juga menjadi salah satu camilan yang bisa membantu pengidap diabetes mengelola kadar gula darahnya. Alpukat memiliki kandungan serat tinggi, serta asam lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fatty acids) yang dapat mencegah kenaikan gula darah yang signifikan setelah makan.

Sebuah studi menunjukkan pasien diabetes tipe 2 yang mengonsumsi makanan mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, seperti alpukat, memiliki kadar gula darah yang lebih terkelola dengan baik.

5. Apel dan Selai Kacang

Apel dan selai kacang bisa menjadi kombinasi ideal bagi pengidap diabetes untuk memuaskan hasrat ngemil. Apel kaya akan nutrisi, seperti vitamin C, kalium, dan vitamin B. Di sisi lain, selai kacang mengandung vitamin E dan magnesium, dua nutrisi yang diketahui dapat membantu mengelola diabetes.

Apel dan selai kacang juga mengandung serat yang sangat tinggi. Satu buah apel berukuran sedang yang dipadukan dengan dua sendok makan selai kacang memiliki kandungan serat hingga 7 gram. Jumlah ini sangat membantu pasien diabetes dalam menjaga kadar gula darahnya tetap stabil.

6. Kacang Arab

Kacang arab adalah salah satu legum yang cocok dijadikan camilan bagi pengidap diabetes. Setengah cangkir kacang arab (sekitar 82 gram) mengandung hingga 7 gram protein dan 6 gram serat. Kombinasi inilah yang menjadikan kacang arab camilan ideal bagi pengidap diabetes.

Penelitian pun menunjukkan konsumsi kacang arab dan legum lain secara rutin berpotensi mengurangi risiko diabetes.

7. Keju Cottage

Keju cottage juga menjadi salah satu camilan yang aman untuk pengidap diabetes. Selain tinggi akan protein, keju cottage juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Keju cottage juga dapat dikombinasikan dengan berbagai camilan sehat lain untuk meningkatkan khasiatnya dalam mengelola kadar gula darah.

Baca Juga

Komentar

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Opsitek