Nggak Kaleng-kaleng, Ini Sederet Manfaat Konsumsi Pepaya di Malam Hari - detik

 

Nggak Kaleng-kaleng, Ini Sederet Manfaat Konsumsi Pepaya di Malam Hari

Jakarta 

-

Pepaya dikenal sebagai buah yang memiliki banyak manfaat karena kaya akan vitamin dan mineral yang bagus untuk tubuh. Terlebih, jika pepaya rutin dikonsumsi saat malam hari, maka akan memberikan khasiat yang tidak disangka-sangka.

Dikutip dari New York Post, mengonsumsi pepaya secara rutin pada malam hari dapat memberikan manfaat terkait kualitas tidur seseorang. Kandungan kolin dalam pepaya dapat membantu untuk meningkatkan kualitas tidur.

Pepaya juga mengandung kalium. Mineral ini dapat membantu untuk mengendurkan otot ketika akan tidur, sehingga seseorang akan merasakan tidur yang lebih nyenyak.

Tidak hanya itu, dikutip dari Everyday Health, pepaya juga memiliki banyak manfaat baik lainnya pada kesehatan tubuh. Berikut sederet manfaat yang bisa didapat jika rutin mengonsumsi pepaya.

1. Efek Antioksidan Kuat

Kandungan karotenoid pada pepaya dapat menetralisir radikal bebas. Studi mencatat bahwa pepaya yang difermentasi dapat mengurangi stres oksidatif pada orang lanjut usia dan penderita prediabetes, hipotiroidisme ringan, dan penyakit hati.

Penurunan stres oksidatif disebabkan oleh kandungan likopen pepaya dan kemampuannya menghilangkan kelebihan zat besi , yang diketahui menghasilkan radikal bebas.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Pepaya mengandung vitamin C, potasium, antioksidan, dan serat, yang membantu menjaga arteri tetap sehat dan meningkatkan aliran darah. Hal ini juga dapat menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke.

3. Menurunkan Gula Darah

Beberapa penelitian menemukan bukti bahwa pepaya ternyata memiliki efek hipoglikemik pada tubuh. Kandungan ini dapat membantu untuk menurunkan kadar glukosa darah.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Nutrisi pada pepaya seperti lutein, zeaxanthin, vitamin C, dan vitamin E dapat membantu melindungi mata. Selain itu, kandungan-kandungan tersebut dapat mencegah penyakit mata seperti degenerasi makula terkait usia.

5. Membantu Pencernaan

Kandungan air yang tinggi pada pepaya juga dapat membantu melancarkan pencernaan dengan mengurangi kembung dan meredakan sembelit. Serat dalam buah ini juga mendorong aktivitas usus secara teratur, yang dapat membantu menurunkan risiko kanker usus besar.

Baca Juga

Komentar

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Opsitek