6 Khasiat Daun Sirsak, Bisa Jadi Antivirus hingga Obati Kanker - detik

 

6 Khasiat Daun Sirsak, Bisa Jadi Antivirus hingga Obati Kanker

Tim detikJatim - detikJatim
Rabu, 26 Okt 2022 14:19 WIB
daun sirsak
Daun sirsak/Foto: iStock
Surabaya -

Sebagian masyarakat Indonesia selalu mengandalkan obat tradisional untuk meredakan berbagai penyakit. Terlebih, banyak obat tradisional yang telah terbukti khasiatnya, seperti daun sirsak.

Apa saja khasiat daun sirsak? Jika Anda penasaran mengenai khasiat daun sirsak, simak dulu penjelasan mengenai tanaman sirsak berikut ini.

Tanaman Sirsak berasal dari Kepulauan Karibia di Amerika Tengah. Umumnya, tanaman ini dimanfaatkan buahnya yang berwarna untuk dikonsumsi langsung atau dijadikan jus buah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun, sebagian orang memanfaatkan daun sirsak untuk dijadikan obat tradisional. Karena terbukti khasiat daun sirsak di tubuh. Berikut rincian khasiat daun sirsak yang dikutip dari situs Stylecraze.

6 Khasiat Daun Sirsak

Buah dan daun sirsak mengandung antioksidan seperti flavonoid, pitosterol, dan tanin. Penelitian menunjukkan bahwa teh sirsak memiliki manfaat untuk mencegah atau mengobati kanker. Caranya dengan merebus daun sirsak dan air rebusannya diminum.

Selain itu, daun sirsak juga memiliki beragam manfaat lainnya. Berikut rincian khasiat daun sirsak:

1. Mengobati Kanker

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa daun sirsak dapat menghambat sel kanker lebih cepat dan efektif. Khususnya untuk kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, darah, hati, leher rahim, ovarium, mulut, dan kulit.

Cara menggunakannya, rebus 10 lembar daun sirsak dan tuangkan dalam satu gelas cangkir. Minum ramuan ini setiap pagi selama 3-4 minggu.

2. Sebagai Anti Inflamasi atau Anti Radang

Penelitian menunjukkan bahwa ada lebih dari 117 senyawa dalam daun sirsak yang memiliki sifat anti radang. Selain itu, daun sirsak juga mengandung antioksidan dan bisa menyembuhkan luka.

Rebusan daun sirsak juga bisa dioleskan untuk mengobati rematik dan asam urat. Serta mengurangi atau menyembuhkan abses dan luka, meredakan demam, diare, disentri, malaria, parasit, dan ruam kulit.

3. Mengobati Insomnia

Daun sirsak telah dipercaya untuk mengobati insomnia atau keluhan susah tidur sejak dulu. Penelitian juga membuktikan bahwa daun sirsak memiliki efek untuk merelaksasikan otot dan bertindak sebagai obat penenang.

Caranya, minum segelas rebusan daun sirsak. Rebusan ini juga dapat membantu meredakan stres.

4. Mengatasi Diabetes

Penelitian menunjukkan bahwa daun sirsak bisa mengontrol tingkat indeks glikemik dan menurunkan kadar glukosa dalam darah. Hal ini bermanfaat bagi orang yang menderita diabetes.

5. Sebagai Antivirus

Ekstrak daun sirsak menunjukkan sifat antivirus karena kandungan polifenolnya. Ekstrak kulit dan batang sirsak juga terbukti melawan virus herpes simpleks.

6. Berguna bagi Kesehatan Gigi dan Mulut

Daun sirsak bisa menghambat pertumbuhan beragam bakteri dan jamur penyebab periodontitis, gingivitis, dan penyakit mulut lainnya. Daun sirsak juga memberikan efek antimikroba untuk penyakit mulut.

Nah, itulah 6 khasiat daun sirsak. Ayo dapatkan daun sirsak di sekitar Anda untuk mendapatkan manfaatnya.




Simak Video "Obat Kanker Limfoma Buatan Indonesia Kantongi Izin Edar BPOM"


(hse/sun)

[Category Opsiin, Media Informasi, Kesehatan, Berbagi Informasi]

Baca Juga

Komentar

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Opsitek