Pilot Susi Air Bebas usai Disanndera 19 Bulan, Langsung Jalani Treatment Psikologi dan Tes Kesehatan di Timika Papua Tengah - Jawa Pos

 

Pilot Susi Air Bebas usai Disanndera 19 Bulan, Langsung Jalani Treatment Psikologi dan Tes Kesehatan di Timika Papua Tengah - Jawa Pos

JawaPos.com - Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Richard T. H. Tampubolon memastikan bahwa kondisi Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens aman, sehat, dan baik-baik saja.

Warga negara Selandia Baru yang disandera oleh OPM sejak 7 Februari 2023 itu kini sudah bebas dan telah berada di Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Timika.

Keterangan itu disampaikan oleh Richard saat dikonfirmasi oleh JawaPos.com pada Sabtu (21/9). ”Saat ini Pilot (Susi Air Philip Mark Mehrtens) sudah di Lanud TNI AU Timika, dalam keadaan aman,” terang jenderal bintang tiga TNI AD yang pernah bertugas sebagai panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I tersebut.

Baca Juga: Breaking News! Pilot Philip Mark Mehrtens Akhirnya Bebas Setelah 1,5 Tahun Disandera KKB

Richard menyampaikan bahwa upaya pembebasan Philip terus dilakukan oleh TNI bersama aparat kepolisian dan petugas gabungan dari instansi lainnya.

Mereka mengedepankan pendekatan soft approach demi menjamin keselamatan Philip. ”Tetap kedepankan soft approach dan kerja sama semua unsur,” lanjut Richard. Upaya tersebut terbukti berhasil. Philip bebas dalam keadaan selamat.

Menurut Richard, usai disandera selama 19 bulan oleh OPM, saat ini Philip masih menjalani beberapa prosedur dan pemeriksaan kondisi fisik maupun psikologisnya.

”Saat ini sedang treatment psikologi dan cek kesehatan,” imbuhnya.

Baca Juga: OPM Tawarkan Proposal Pembebasan Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens, Kodam Cenderawasih: Ucapan dan Tindak Tidak Sinkron

Sebelumnya, Philip telah dibebaskan dari penyanderaan OPM. Informasi itu awalnya disampaikan pemilik Susi Air, Susi Pudjiastuti, melalui akun media sosial X resminya. 

”alhamdulillah Hirabbil Alamiin. Mendapat kabar Captain Pilot Mehrtens telah kembali, sudah berada di Timika,” cuit mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu.

”Alloh Maha Besar dan Kasih. Terima kasih kepada Pemerintah Bapak @jokowi @Prabowo @Puspen_TNI @ListyosigitP @HumasPolri dan seluruh pihak yang telah membantu kepulangan Pilot kami,” lanjut Susi.

Baca Juga

Komentar

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Opsitek